nyeri lutut

Nyeri Lutut saat berjalan? Sendi tidak dapat bergerak secara bebas? Mengapa? Mungkin itu salah satu tanda Osteoarthritis (OA). Usia diatas 40 tahun rata-rata memang mengidap osteoarthristis. Kasus nyeri karena OA paling banyak dirasakan di lutut, karena lutut merupakan tumpuan dari tubuh kita. Jadi demakin besar berat badan seseorang, maka semakin besar pula beban yang harus ditumpu oleh lutut.

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, osteoartritis adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan, hingga menyebabkan nyeri lutut. Penyakit ini bisa menjangkiti berbagai macam persendian, namun persendian yang paling sering terkena dampaknya adalah jari, leher, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul. Penuaan atau bertambahnya usia merupakan faktor umum terjadinya osteoartritis. Beberapa gejala osteoartritis yang memengaruhi persendian adalah sebagai berikut:

  • Persendian terasa sakit, terutama saat berjalan.
  • Persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku, dan membengkak.
  • Jika disentuh, persendian akan terasa hangat dan disertai nyeri lutut.

Selain itu, osteoartritis juga dapat menyebabkan melemahnya otot dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari, seperti mengalami kesulitan untuk membungkuk, memakai pakaian, duduk dan bahkan menggenggam objek dan tentu saja nyeri lutut.

Diagnosis Nyeri Lutut

Diagnosis Nyeri Lutut  karena osteoartritis dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan tes medis. Dokter kemudian akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti berikut:

  • Tes darah untuk mengetahui jika ada penyebab lain terjadinya nyeri lutut atau nyeri sendi
  • X-ray untuk melihat taji tulang di sekitar persendian.
  • Analisis cairan persendian untuk memeriksa apakah nyeri yang muncul diakibatkan oleh infeksi atau kristal asam urat.
  • MRI untuk melihat jaringan lunak, tulang dan tulang rawan secara lebih rinci.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri terutama nyeri lutut, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien.

 

Konsultasi Whatsapp

KONSULTASI (WA Only)

082213116661 (Dr. Mahdian)
085921277477 (Khaula)
081381847320 (Karina)

ALAMAT

Arfa Neurofacial Pain Center RS Meilia Cibubur
Jl Alternatif Transyogi Km 01 – Depok
Lantai 2, 0813 8184 7320

Lamina Pain and Spine Center
Jl Warung Jati Barat No. 34, Jakarta Selatan
Telp. 021 791 96 999

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here